ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM
Diajukan
Untuk Memenuhi Salahsatu Tugas Mata Kuliah
Accounting
Information System I
Dosen
Pengampu:
IRVAN
YOGA PARDISTYA, SE.,MM.,AK
Disusun
Oleh :
Anita
Rahmawati
1510631030015
3 AK 1
S1 Akuntansi
3 AK 1
S1 Akuntansi
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KARAWANG
2016
SOAL
A
1.
Sebutkan apa itu Data, Sistem,
Informasi, dan Sitem Informasi?
2.
Sebutkan definisi Sistem Informasi
Akuntansi?
3.
Dimana letak SIA dalam organisasi?
4.
Apakah perbedaan SIM dengan SIA?
5.
Mengapa kita membutuhkan Sistem
Informasi?
B
1.
Buatlah skema siklus pembelian
kredit dalam Sistem Informasi Akuntansi!
2.
Sebutkan dokumen-dokumen terkait
didalam siklus tersebut beserta fungsinya?
3.
Buatlah
skema proses bisnis perusahaan;
Jelaskan bagaimana prosesnya?
Siapa saja penggunanya?
Dimana letak penggunaan Sistem Informasi dalam perusahaan
tersebut?
Sebutkan apa hubungan Sistem Informasi dalam perusahaan
tersebut?
JAWABAN
A
1.
|
PENGERTIAN
|
DATA
|
Fakta-fakta yang harus dikelola atau
diolah untuk menghasilkan suatu informasi.
|
SISTEM
|
Sebuah rangkaian prosedur-prosedur
atau kebijakan yang saling berkaitan yang digunakan untuk membantu mengelola
data menjadi sebuah informasi.
|
INFORMASI
|
Hasil dari pengolahan data yang
telah mempunyai arti.
|
SISTEM INFORMASI
|
Sebuah rangkaian prosedur-prosedur
atau kebijakan yang saling berkaitan dan yang digunakan untuk membantu
mengelola data menjadi sebuah informasi
untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan bagi sebuah
perusahaan/organisasi.
|
2.
Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah
rangkaian prosedur-prosedur atau kebijakan yang saling berkaitan dan yang digunakan
untuk membantu mengelola data menjadi sebuah informasi untuk memudahkan dalam pengambilan
keputusan mengenai informasi keuangan dalam sebuah perusahaan/organisasi.
3.
Sistem Informasi Akuntansi terletak
pada bagian keuangan dalam organisasi atau perusahaan.
4.
Perbedaan SIM dengan SIA
SIM
|
SIA
|
Mengumpulkan
mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe
informasi yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan
|
Mengumpulkan
mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi
keuangan, lebih kepada keuangan , pengambilan keputusan yang relevan bagi
pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
|
5.
Karena sistem informasi digunakan dalam berbagai
aspek mulai dari pendidikan, perkantoran, perbankan bahkan dalam melakukan
bisnis. Poin-poin penting sebuah sistem informasi adalah sebagai berikut:
·
Menjawab tantangan globalisasi dalam
bidang teknologi informasi.
·
Memenuhi kebutuhan informasi umum
sebuah perusahaan, sekolah atau sejenisnya.
·
Mempermudah aktivitas/kegiatan
masyarakat seperti sistem informasi pembayaran rekening listrik, telepon dan
sebagainya.
·
Menganalisis
masalah dalam sebuah perusahaan yang disebabkan human error, sehingga menekan kemungkinan terjadinya hal yang tidak
diinginkan oleh perusahaan
B
1.
Skema siklus pembelian kredit dalam
Sistem Informasi Akuntansi
2.
Dokumen-dokumen
yang terkait dalam pembelian kredit
DOKUMEN
|
FUNGSI
|
Surat permintaan pembelian
|
Merupakan formulir yang diisi oleh
divisi gudang untuk meminta divisi pembelian melakukan pembelian barang
dengan jenis, jumlah, dan mutu seperti yang tersebut dalam surat permintaan
pembelian.
|
Surat permintaan penawaran harga
|
Digunakan untuk meminta penawaran
harga bagi barang yang pengadaannya tidak bersifat berulang kali terjadi
(tidak repetitif), yang menyangkut jumlah rupiah pembelian yang besar.
|
Surat order pembelian
|
Digunakan untuk memesan barang kepada
pemasok yang telah dipilih.
|
Laporan penerimaan barang
|
Dibuat oleh divisi penerimaan
untuk menunjukkan bahwa barang yang diterima dari pemasok telah memenuhi
jenis, spesifikasi, mutu dan kuantitas seperti yang tercantum dalam surat
order pembelian.
|
Surat perubahan order pembelian
|
Kadangkala diperlukan perubahan
terhadap isi surat order pembelian yang sebelumnya telah diterbitkan.
Perubahan tersebut dapat berupa perubahan kuantitas, jadwal penyerahan
barang, spesifikasi, penggantian atau hal lain yang bersangkutan dengan
perubahan bisnis. Biasanya perubahan tersebut diberitahukan kepada pemasok
secara resmi dengan menggunakan surat perubahan order pembelian.
|
Bukti kas keluar
|
dibuat oleh fungsi akuntansi untuk
dasar pencatatan transaksi pembelian. Dokumen ini juga berfungsi sebagai
perintah pengeluaran kas untuk pembayaran utang kepada pemasok.
|
3.
Skema proses bisnis Indomaret:
a)
Proses
bisnis PT.
Indomarco Prismatama (Indomaret)
PT.
Indomarco Prismatama adalah perusahaan swasta nasional pengelola jaringan
minimarket Indomaret dengan akta notaries No. 207 dan SIUP No.789/0902/PB/XII/88.
Indomaret merupakan salah satu jaringan minimarket di Indonesia yang
menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan
kurang dari 200 M2. Awal terbentuknya perusahaan ini dimulai dari sebuah toko
Indomaret yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari hari yang
pertama kali dibuka pada tahun 1987.
Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang cepat dengan transaksi
melebihi 45 juta struk per bulan, dapat terlaksana karena didukung oleh sistem
teknologi informasi yang andal. Sistem tersebut terintegrasi pada setiap point
of sales (POS) kasir di semua gerai yang mencakup sistem penjualan,
persediaan, dan penerimaan barang. Teknologi di POS kasir tersebut sudah
dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan jumlah gerai dan transaksi pada
masa depan.
Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan berbelanja di
kasir, Indomaret menggunakan pemindai (scanner barcode), pembayaran dengan
Indomaret Card, Jak Card, pembayaran debit dan penarikan tunai dari berbagai
bank.
Dalam bidang distribusi barang, Indomaret menerapkan Digital Picking System dan Tail Gate System pada setiap pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai Indomaret.
Dalam bidang distribusi barang, Indomaret menerapkan Digital Picking System dan Tail Gate System pada setiap pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengiriman maupun penurunan barang di gerai Indomaret.
Keunggulan yang dimiliki Indomaret. Beberapa strategi pemasaran yang
diterapkan Indomaret dalam jangka pendek anatara lain :
·
“Harga Heboh” yaitu
promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk
kebutuhan sehari-hari
·
“Super Hemat” yaitu
leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat
sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat
·
“Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah
langsung atau potongan harga
Ancaman produk pengganti baru bagi Indomaret adalah seperti peritel
tradisional, supermarket dan hypermarket yang menyedikan produk lebih lengkap
dan relative harga lebih rendah. Seperti penyediaan kebutuhan sehari-hari yang
tidak hanya barang sembako namun juga menyediakan sayur-sayuran, ikan segar dan
bumbu dapur lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari.
1. Overal Cost Leadership (Kepemimpinan
Biaya overal)
Keunggulan biaya merupakan strategi
yang paling jelas dari strategi generik. Dengan konsep ini, perusahaan bersiap
menjadi produsen berbiaya rendah di dalam industrinya. Apabila perusahaan dapat
mencapai dan mempertahankan keseluruhan keunggulan biaya, maka perusahaan akan
menjadi perusahaan berkinerja tinggi di dalam industrinya asalkan perusahaan
dapat menguasai harga pada rata-rata industri.
Strategi yang diterapkan Indomaret
dengan menetapkan harga yang tepat dan bersifat tetap dan memberikan pelayanan
yang dapat memberikan kepuasan pelanggan karena melihat kondisi konsumen yang
membeli produk pada saat ini peka terhadap harga dikarenakan perekonomian
Negara.
2.
Diferensiasi (differentiation)
Dalam strategi diferensiasi,
perusahaan berusaha menjadi unik dalam industrinya pada berbagai dimensi yang
secara umum dihargai oleh pembeli. Cara melakukan diferensiasi berbeda untuk
setiap Industri. Diferensiasi dapat didasarkan pada produk itu sendiri. Sistem
penyerahan produk yang dipergunakan untuk menjualnya, pendekatan pemasaran, dan
faktor lain. Perusahaan yang dapat mencapai dan mempertahankan diferensiasi
akan menjadi perusahaan berkinerja tinggi dalam industrinya. Logika dari
strategi diferensiasi mengharuskan perusaan memilih atribut untuk
mendiferensiasikan diri secara berbeda dengan atribut pesaingnya.Untuk
mempercepat pelayanan Indomaret menyediakan layanan:
·
Jack Card, merupakan layanan yang
memberikan kenyamanan berbelanja di kasir menggunakan scanner barcode, pembayaran dengan
Indomaret Card.
·
T Cash
memanfaatkan teknologi pembelian dan pembayaran digital menggunakan ponsel
secara Tap N Go, fasilitas ini dapat dinikmati konsumen diseluruh gerai
Indomaret.
·
Pesan Antar
Ambil Indomaret (PAAI) sejalan dengan perkembangan dunia ritel dan kebutuhan pelanggan, Indomaret terus
melakukan inovasi baru dalam pengembangan produk dan jasa, antara lain: Pesan
Antar Ambil Indomaret yang memungkinkan konsumen memesan produk yang tidak
dipajang di toko (ice cream tart, ponsel, furniture, karangan bunga dan lain
lain) dan diantar kerumah konsumen.
b) Pengguna dari Indomaret adalah
masyarakat atau konsumen maupun pegawai dari indomaret itu sendiri
c) Letak sistem informasi Indomaret adalah
terletak pada saat
pendataan jenis serta jumlah barang yang akan distribusi. Hal ini merupakan
suatu informasi yang sangat penting agar tidak terjadi kesalahan dalam proses
distribusi ke cabang-cabangnya. Lalu letak sistem informasi akuntansi saat
proses pembayaran konsumen kepada kasir sebagai transaksi untuk pencatatan
dalam laporan keuangan.
d) Hubungan Sistem
Informasi dengan Indomaret adalah dengan adanya sistem informasi diharapkan membantu
proses bisnis perusahaan Indomaret dalam mempercepat layanan dan kenyamanan
belanja untuk konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar